Selasa, 05 Februari 2013

Belanja Cinta Bumi


Gadis Aksi

Kayaknya hobi belanja nggak bisa akur deh, sama aksi go green. Belanja tuh, dekat banget sama penggunaan plastik, penumpukan barang dan hal lain yang jadi musuhnya bumi. Gimana ya, biar bisa tetap belanja namun tetap cinta bumi? Ini dia caranya:
  • Beli yang diperlukan. Walau doyan belanja, tapi harus cerdas melakukannya. Jangan sampai barang jadi bertumpuk atau mubazir. Sebelum memutuskan untuk beli, pikirkan apakah akan terpakai dan apakah kita sudah memiliki barang serupa.
  • Beli yang lebih “baik”. Maksudnya, adalah memilih produk yang lebih efisien, hemat energi dan memakai bahan yang ramah lingkungan.
  • Beli dengan sampah minimal. Seperti dengan nggak menggunakan pembungkus jika tidak dibutuhkan, mengganti plastik dengan tas kain, nggak mencetak bukti pembayaran, dan sebagainya.
  • Beli sambil hemat bahan bakar. Bisa dengan memilih tempat belanja yang nggak jauh dari rumah, belanja online atau memilih menggunakan kendaraan umum saat ke pusat belanja.
  • Beli dan beri kembali. Imbangi kesenangan belanja dengan kegiatan yang bermanfaat, terutama untuk lingkungan. Misalnya nih, kita mewajibkan diri untuk menanam di halaman, ikutan car free day, bikin barang recycle dan lainnya. Intinya, memastikan bahwa tiap minggu ada sesuatu yang kita lakukan untuk bumi. Tisam

0 komentar:

Posting Komentar