Selasa, 05 Februari 2013

Fenomena Lava Waterfall


Gadis Aksi

Di Yosemite National Park, California, Amerika Serikat, ada sebuah air terjun bernama Horsetail, berwarna orange terang mirip lava panas. Untuk pertama kalinya air terjun ini diabadikan oleh seorang fotografer dunia, Galen Rowell di tahun 1973. 

Pemandangan air terjun lava Horsetail ini memang benar-benar ada. Air terjun ini terlihat di antara bebatuan El Capitan yang berada 1,09 km di atas lembah Yosemite. Tapi air terjun ini bukan luapan lava panas sungguhan, kok. Warna emas atau merah air terjun ini sebenarnya adalah pantulan cahaya matahari yang mengenai batuan granit di balik air terjun tersebut. Efek inilah yang menyebabkan air terjun Horsetail seperti aliran lava panas. Jika beruntung, kita bisa melihat warna keemasan, merah dan orange dalam waktu bersamaan. Tapi jika awan mendung, warna air terjun Horsetail akan berubah kembali berwarna bening, seperti air terjun pada umumnya.

Fenomena langka ini biasanya terjadi saat matahari terbenam dan hanya bisa dinikmati di pertengahan bulan Februari saja, yaitu di akhir musim dingin dan awal musim semi. Timur puncak, dekat area piknik El Capitan adalah spot  terbaik untuk melihat fenomena langka ini. Uniknya, peristiwa ini hanya terjadi dua minggu dalam setahun dan berlangsung hanya dua menit saja, saat bumi dan matahari berada dalam satu garis. Jadi nggak heran kalau banyak orang yang sengaja datang dan betah berlama-lama menunggu untuk melihat keajaiban air terjun ini. Dewianataria

0 komentar:

Posting Komentar